Ini alasan kita tidak boleh menggunakan Hp di Pom Bensin..

     Terkadang kita sering lihat di Pom Bensin (Tempat Pengisian Bahan Bakar Minyak), ada gambar HP di coret atau dilarang menggunakan Hp di pompa bensin. Ada yang mengacuhkan peringatan ini  ada juga yang menaati, tapi semoga dengan melihat artikel ini kalian bisa sadar seberapa penting untuk bisa mematikan atau tidak menggunakan Hp saat kalian mengisi bahan bakar di pom. 

      Handphone ternyata bisa mengeluarkan frekuensi tinggi dan juga mengeluarkan bunga api (meskipun kecil hsekali, seuukuran 1 mikron. 1 mikron= 1/100mm). Percikan api ini timbul disekitar antena koil, akibat beda potensial tegangan yang cukup tinggi.

      Bukan hanya sinyalnya saja, tetapi apabila kita menyalakan lampu LED pun dari Hp dapat mengeluarkan cahaya, karena lampu LED yang digunakan di HP berbeda dengan yang biasa dijual di pasaran. Lampu LED di HP itu 'telanjang' (langsung terlihat filamen diodanya kontak dengan udara bebas) beda dengan lampu-lampu LED yang dijual di pasaran, oleh karena itu biasanya lampu yang pancarkan oleh HP lebih terang dari pada biasanya.

      Pada saat led menyala, maka akan timbul pijar. Nah pijar dan percikan api dari koil tadi yg kadang-kadang bikin orang jadi berpikir paranoid meledak. Percikan api dan LED tersebut sebenarnya tidak cukup untuk menyulut uap bensin (benzena C4H8O12) di udara terbuka. tapi Lain cerita jika udara yg ada sudah cukup jenuh sekali dengan uap bensin tersebut. Jika cukup jenuh, maka uap bensin tersebut akan dapat terbakar oleh percikan yg cukup kecil tersebut. Efeknya ya ledakan (njeblug). (jadi tidak ada salahnya kita tidak menggunakan hp saat pengisian bahan bakar).

     Pernyataan ini terbukti dengan kejadian di video ini, di dalam video ini petugas pom bensin tidak mematuhi aturan dengan menggunakan Hp saat pengisian bahan bakar, walaupun yang dia gunakan di Hpnya itu hanyalah lampu LEDnya, namun entah karena ketidaktahuan atau keteledoran dia maka bahan bakar yang di bawa oleh mobil itu pun meledak dan mengenai dirinya. 
Silahkan dilihat Videonya....


Semoga ini dijadikan pelajaran buat kita kedepannya, agar selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan di Pom Bensin....

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ini alasan kita tidak boleh menggunakan Hp di Pom Bensin.. ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Selasa, 25 Juni 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Ini alasan kita tidak boleh menggunakan Hp di Pom Bensin..
 

0 komentar:

Posting Komentar