Syarat-syarat Sidang PI (Lengkap)

      Artikel ini berisi pengalaman gw, saat sidang PI di Gunadarma. Bagi yang belum sidang silahkan perhatikan langkah-langkah apa saja yang harus di persiapkan dan dilakukan.:

 Persiapan Daftar Sidang :
1. Setelah PI kelar dan di ACC. Dosen Pembimbing akan memberikan Surat ACC dan Lembar Nilai
    (diamplop gak boleh lihat biasanya).
2. Kedua, bawa Surat ACC, Lembar Nilai (masih diamplop) dan juga fotocopy KRS aktif, sama foto 4x6
    2 lembar (hitam putih) ke Loket 17 (Loket daftar sidang jurusan Sistem Informasi) di Baak.
3. Oleh petugas Loket kita akan di berikan jadwal sidang, yang isinya Tanggal Sidang, Jam, dan Ruang.

Persiapan Sidang :
1. Persiapkan PI (Penulisan Ilmiah) kita 3 eksemplar yang sudah di "Soft Cover". Saran aja sih kalo gw
    ngeprint PInya cuman 1 eksemplar nah yang 2 nya fotocopy biar gak terlalu boros.
2. Siapin juga slide presentasi berbentuk power point, yang inti2nya aja yang di tampilin trus jangan lupa di
    transparasi soalnya nanti kita pake OHP (isi presentasi : Cover, Latar Belakang, Ruang Lingkup, Tujuan
    Penulisan, Navigasi, Use Case Diagram, Story Board (jika ada), Perancangan, Output, Kesimpulan dan
    Saran)
3. Pakaian : Laki-laki (Kemeja putih polos, celana hitam bahan) & Wanita (Kemeja Putih polos, rok hitam
    bahan) sepatu bebas.
4. Bawa aplikasinya jangan lupa, kalau Android ya bawa aplikasinya di HP Android. Kalau Web ya harus
    bawa laptop mau gak mau, karena biasanya penguji minta liat aplikasinya.

Siap-Siap Sidang :
1. Datang kalau bisa 30 menit sebelum jam yang di tentukan supaya kita bisa relaks dulu disana tidak kaget
    dan buru-buru.
2. Nanti akan ada dosen yang keluar dari ruangan megang kertas absen, dan manggil-manggil mis: Jurusan SI
    ruang C mana? nah kita deketin tuh dosen dan kita absen dah jangan sampe ketinggalan atau lupa nanti lu
    gak bisa sidang. Karena absen itu nentuin lu dapet urutan berapa sidangnya, misalanya lu absen di urutan 2
    ya berarti nanti lu sidang di urutan itu.
3. Perhatikan lagi slide presentasi dan aplikasinya, jangan sampe ada yang kurang atau lu salah bawa pas
    mau sidang kan ribet.
4. Kalau udah urutan lu, yaudah lu masuk tapi jangan lupa baca "Bismillahirahmanirahim" dulu biar lancar.
5. Oh ya jangan lupa ucapin salam pas masuk ruangan supaya sopan.
6. Jreng..jreng mulai deh kita sidang, perkenalkan diri dulu jangan sampe lupa sebelum presentasi.
7. Pas sidang nanti kita akan di hadapkan oleh 3 dosen penguji dan biasanya pas kita presentasi, kita
    dicuekin tapi nanti pas kita udah kelar presentasi baru dah di tanya-tanyain.
8. Nanti kalau ditanya harus yakin jangan ragu-ragu, soalnya kalo ragu-ragu nanti kita nanti di cecer oleh
    penguji.
9. Biasanya kita sidang cuman 15 menit paling lama 20 menit lah, dan pasti ada aja revisinya entah itu di
    penulisan atau aplikasinya
10. Setelah selesai sidang biasanya kita dikasih lembar revisi oleh penguji dan isinya apa saja yang kita harus
      revisi, trus nama dosen pengujinya dan no telp. Biasanya kita disuruh revisi nah nanti kalo udah direvisi
      kasih ke dosen penguji yang ada dilembar revisi atau kalian revisi ke Dosen Pembimbing atau juga bisa
      ke kedua-duanya (DP dan Penguji) tapi itu tergantung permintaan dosen penguji sih, soalnya setiap
      penguji beda-beda permintaannya.

      Abis itu kelar deh sidang PI kita, nah kita tahu lulus apa gaknya kita harus balik lagi ke loket pendaftaran PI tadi disana kita bakal tau kita lulus apa gaknya, Kalau anak TI biasanya NPM yang lulus di tempel di loketnya tapi kalau SI kita harus nanya ke petugasnya kita lulus apa gaknya. Kalau lulus kita Surat ACC yang tadi kita taruh di loket akan di kembalikan ke kita tapi sudah di cap "LULUS PI FILKOM". Nah kalo gak lulus ya kita terima surat jadwal sidang ulang biasanya.

     Setelah di revisi kita kasih deh revisian kita itu ke dosen penguji, atau DP atau kedua-duanya sesuai permintaan pas sidang. Kalau sudah dosen penguji/DP/kedua-duanya akan tanda tangan di lembar Revisi "OK Sudah Direvisi tgl sekian". Nah kalo udah gitu kalian baru boleh Hardcover karena PI kalian udah beres dan gak ada yang diganti-ganti lagi.
       Nanti di Hardcover buat 2 eksemplar aja, gak usah ketiganya. Setelah itu kalian minta tanda tangan DP (Dosen Pembimbing) di lembar pengesahan trus ke Ketua Jurusan (D422 jurusan SI kalo gak salah). 

      Nah tinggal ke Kasubag Sidang PI di loket yang daftar sidang, tapi kalian harus upload presentasi kalian dulu yang pas sidang di studentsite, caranya: Masuk ke Studentsite - pilih menu Deposit Library - Upload Penulisan Ilmiah - Upload Penulisan Anda - isi semua yang ada disitu - jangan lupa pilih Jenis Penulisannya "SLIDE PRESENTASI SIDANG" - setelah itu klik Lanjut Langkah 2 - Select Files (masukan presentasi kita tapi ingat harus berbentuk file (.pdf) jadi yang power point itu atau .ppt itu kalian konfert ke .pdf dulu baru masukin deh tapi harus di bawah 2MB) - klik Selesai - jika Jenis Dokumen masih warna merah kaliah klik dulu Definisikan Dokumen - pilih jenis penulisannya Dokumen Presentasi - klik simpan - klik Kirim Penulisan - lalu Klik Cetak Bukti Presentasi (berupa 3 buah barcode) trus kalian print.

    Setelah di print kalian bawa barcode tersebut ke Loket Perpustakaan Kampus D di Gedung 3, Depan Loket UM (yang sering UM pasti tau hehe), nanti di cek sama petugas disana, trus di cap dan di ttd. Setelah di cap dan ttd oleh petugas perpus baru kalian bisa ke loket 17 (loket daftar sidang) buat minta ttd Koordinator PI yang di lembar Pengesahan. Setelah kelar ttd semuanya perjuangan kalian belum selesai.

     Kalian harus Upload semua isi PI kalian di studentsite seperti kalian upload presentasi, tapi yang ini satu-
satu, dari mulai Cover, Pernyataan Originalitas, Abstraksi,......s/d......Lampiran dan output. Semuanya kalian convert juga dari .doc ke .pdf di bawah 2MB juga. Tetapi lembar pengesahannya kalian Scan yang sudah lengkap ttd ketiga-tiganya (DP, Koordinator PI dan Ketua Jurusan) convert ke .pdf juga.

     Abis itu kalian ke Loket Perpustakaan Kampus D lagi bawa Hardcover PInya bilang mau verifikasi PI, nanti di cek sama petugasnya sudah masuk belum ke sistem apa yang kalian upload melalui studentsite, jika OK maka kalian akan di kasih blangko dengan nilai Rp. 25.000,- (Untuk PI) blanko itu untuk sumbang buku. Kalian bayar ke Bank DKI setelah itu balik lagi ke Loket Perpus kasihin blako tadi yang udah di bayar untuk di cap. Setelah semuanya barulah kalian bisa ambil Sertifikat PI di gendung 2 lantai 1 dengan membawa blanko yang udah di cap dan surat ACC atau barcode presentasi yang udah di cap petugas Perpustakaan. (Sertifikat sudah bisa di ambil 3 minggu setelah sidang).

huft...akhirnya kelar juga, selamat mencoba semoga bermanfaat :)
 
Reaksi: 

Ini alasan kita tidak boleh menggunakan Hp di Pom Bensin..

     Terkadang kita sering lihat di Pom Bensin (Tempat Pengisian Bahan Bakar Minyak), ada gambar HP di coret atau dilarang menggunakan Hp di pompa bensin. Ada yang mengacuhkan peringatan ini  ada juga yang menaati, tapi semoga dengan melihat artikel ini kalian bisa sadar seberapa penting untuk bisa mematikan atau tidak menggunakan Hp saat kalian mengisi bahan bakar di pom. 

      Handphone ternyata bisa mengeluarkan frekuensi tinggi dan juga mengeluarkan bunga api (meskipun kecil hsekali, seuukuran 1 mikron. 1 mikron= 1/100mm). Percikan api ini timbul disekitar antena koil, akibat beda potensial tegangan yang cukup tinggi.

      Bukan hanya sinyalnya saja, tetapi apabila kita menyalakan lampu LED pun dari Hp dapat mengeluarkan cahaya, karena lampu LED yang digunakan di HP berbeda dengan yang biasa dijual di pasaran. Lampu LED di HP itu 'telanjang' (langsung terlihat filamen diodanya kontak dengan udara bebas) beda dengan lampu-lampu LED yang dijual di pasaran, oleh karena itu biasanya lampu yang pancarkan oleh HP lebih terang dari pada biasanya.

      Pada saat led menyala, maka akan timbul pijar. Nah pijar dan percikan api dari koil tadi yg kadang-kadang bikin orang jadi berpikir paranoid meledak. Percikan api dan LED tersebut sebenarnya tidak cukup untuk menyulut uap bensin (benzena C4H8O12) di udara terbuka. tapi Lain cerita jika udara yg ada sudah cukup jenuh sekali dengan uap bensin tersebut. Jika cukup jenuh, maka uap bensin tersebut akan dapat terbakar oleh percikan yg cukup kecil tersebut. Efeknya ya ledakan (njeblug). (jadi tidak ada salahnya kita tidak menggunakan hp saat pengisian bahan bakar).

     Pernyataan ini terbukti dengan kejadian di video ini, di dalam video ini petugas pom bensin tidak mematuhi aturan dengan menggunakan Hp saat pengisian bahan bakar, walaupun yang dia gunakan di Hpnya itu hanyalah lampu LEDnya, namun entah karena ketidaktahuan atau keteledoran dia maka bahan bakar yang di bawa oleh mobil itu pun meledak dan mengenai dirinya. 
Silahkan dilihat Videonya....


Semoga ini dijadikan pelajaran buat kita kedepannya, agar selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan di Pom Bensin....
 
Reaksi: 

Resensi Film "Rectoverso"


     Film ini adalah salah satu film Indonesia terbaru yang di disutradarai oleh 5 aktris ternama di negeri ini, mereka adalah Marcella Zalianty, Cathy Sharon, Happy Salma, Olga Lydia dan Rachel Maryam. Film ini sebenarnya di angkat dari Novel dengan judul yang sama yaitu “Rectoverso”, novel ini karya Dewi “Dee” Lestari yang sudah sangat terkenal di Indonesia sebagai novelis yang handal.
     
     Rectoverso adalah sebuah film yang menceritakan 5 buah cerita yang di jadikan satu film tetapi tidak mengurangi alur dari masing-masing cerita, bahkan bisa di gabungkan dengan para sutradara muda ini dengan hasil yang ciamik dan memuaskan. Filmnya dapat menyatu antara cerita satu dan lainnya menjadi film yang manis, mengalir dan menarik untuk kita tonton.


  • Cerita Pertama (Sutradara : Marcella Zalianty) : “Malaikat Juga Tahu”
Pertama kita menonton film ini pasti kita akan di sajikan oleh cerita pertama ini yang menurut saya adalah cerita yang paling menyentuh, disamping karakter yang di perankan sangat baik, yang memerankannya pun aktingnya luar biasa sekali sampai bisa menyentuh hati setiap orang yang menontonya. Di film ini di kisahkan cerita cinta lelaki penyandang autisme pada seorang perempuan anak kost yang menempati rumah bundanya. Lelaki ini yang bernama (Abang) mempunyai perasaan cinta yang teramat jujur dan tulus. Dia mempunyai rasa bahagia, perasaan yang meledak-ledak, meski akhirnya menjadi sebuah ironi, saat cinta abang tak pernah kesampaian karena keterbatasannya menjadi tembok penghalang. Cerita ini yang paling perfect menurut saya di dalam film ini, jika masih penasaran saya saran kan untuk bisa menonton filmnya.

  • Cerita Kedua (Sutradara : Rachel Maryam) : “Firasat”
Cerita kedua ini juga bagus menurut saya, disamping artis-artis yang membintangi juga ternama antara lain : Asmirandah, Widyawati, dan Dwi Sasono. Dikisahkan dalam cerita ini ada seorang gadis bernama Senja yang mempunyai intuisi kuat saat ia kehilangan orang-orang terdekatnya, dia pun bergabung dengan sebuah klub yang bernama Firasat. Sebuah klub yang berisi orang-orang yang mempercayai firasat sebagai satu isyarat alam bagi sebuah peristiwa hidup mereka. Dia pun jatuh cinta pada ketua klub ini yang bernama Panca, firasatnya semakin kuat setiap kali dia bermimpi buruh tentang panca. Nah bagaimana serunya cerita ini, silahkan anda saksikan sendiri bagaimana ending dari cerita ini. Tapi cerita ini bagus menurut saya.

  • Cerita Ketiga (Sutradara : Olga Lydia) : “Curhat Buat Sahabat”
Pada cerita ketiga ini dikisahkan seorang bernama Amanda (Acha Septriasa) yang mepunyai karakter supel dan ceria, dia mempunyai sahabat bernama Reggie (Indra Birowo) yang mempunyai karekter pendiam, kalem dan penyabar dan sebanding terbalik 180 derajat dengan karakter sahabatnya itu. Dia Amanda sering curhat kepada Reggie dan reggie pun dengan setia menjadi pendengar yang baik buat Amanda, yang menjadi bahan curhat tidak lain dan tidak bukan adalah pacar-pacar dari Amanda, ada yang suka selingkuh, ada yang vokalis band, dll. Tetapi Reggie tidak pernah lelah jika Amanda curhat, bahkan dia rela meninggalkan pekerjaannya setelah mendengan Amanda jatuh sakit. Bagaimana kelanjutan hubungan mereka? Tonton filmnya yah…

  • Cerita Keempat (Sutradara : Happy Salma) : “Hanya Isyarat”
Awal menyaksikan cerita ini saya tidak begitu paham akan alurnya tetapi setelah mendalami ceritanya akhirnya saya tahu akan kisah ini. Cerita ini mengisahkan 5 orang anak muda yang hobby backpackers yang dipersatukan dari sebuah forum milis dunia maya. Mereka adalah Tano, Dali, Bayu, Raga dan Al. Dari sahabatnya yang lain hanya Al yang berbeda karakter, bukan karena dia seorang perempuan melainkan karakternya yang begitu pendiam, penuh lamunan, dan bersikap jaga jarak kepada orang lain. Diam-diam Al ternyata jatuh cinta kepada Raga. Namun ini lah uniknya cerita ini, Al hanya bisa mencintai Raga dengan melihat punggung dan matanya saja. Nah penasaran kan akan ceritanya, silahkan saksikan cerita ini yang di bintangi oleh Fauzi Baadila dan Amanda Soekasah.

  • Cerita Kelima (Sutradara : Cathy Sharon) : “Cicak-cicak di Dinding”
Cerita ini adalah cerita terakhir yang ada di film ini namun yang paling romantis menurut saya, di bintangi oleh Sophia Latjuba dan Tyo Pakusadewo. Cerita ini menjadi penutup yang manis tapi tetap mengusung moto film ini “Cinta yang tak terucap”. Taja adalah seorang laki-laki muda yang merupakan pelukis yang sangat berbakat, dia jatuh cinta pada seorang sosialita yang free sprited bernama Saras. Tetapi kisah cinta mereka tidak berkhir mulus karena Saras pergi meninggalkannya dan setelah beberapa tahun kemudian dia muncul dengan sudah ingin menjadi istri orang yang merupakan sahabat dari Taja. Cerita penutup yang manis menurut saya.


Cerita-cerita itu lah yang diangkat di dalam film ini, walaupun ada 5 cerita tetapi para sutradara begitu cerdas dalam memadumadankan ceritanya menjadi sebuah film yang mampu membuat imaginasi dan perasaan kita berselang seling antara kesedihan dan keceriaan. Sangat menyentuh emosi penonton terutama cerita yang pertama, begitu menyentuh sekali. Entah karena ceritanya atau pemainnya yang hebat membawakan karakternya saya juga tidak tahu apalagi di dukung oleh soundtrack yang mampu menyayatnyat hati bait lagunya membuat sempurna saja film ini.
Namun ada sedikit kekurangan menurut saya di film ini adalah alurnya yang begitu lambat. Mungkin karena di sutradarai oleh para wanita sehingga terasa sekali sentuhan tangan perempuannya dalam penggarapannya. Lompatannya cukup halus, lembut walau mencipta konflik sekalipun. Intinya film ini sangat-sangat layak untuk kita tonton dan kita dukung supaya perfilman di Indonesia menjadi makin maju. Amin…
 
Reaksi: 

Air Putih

    Tahukan kalian apa yang paling manusia remehkan belakangan ini, dia adalah sebuah benda yang merupakan salah satu sumber kehidupan di muka bumi ini tetapi tidak di anggap oleh manusia. Dia adalah "Air", maha besar allah yang menciptakan air di bumi ini bayangkan 70% di dalam tubuh kita terdiri dari air, banyangkan jika Allah tidak menciptakan air, bisa hidupkah kita semua.


     Air adalah salah satu yang kita minum sehari-hari tetapi apakah kita tahu seberapa manfaatnya air putih bagi kita dan tubuh kita. Air putih tidak hanya dapat membersihkan tubuh dari racun saja tetapi dapat juga mempercantik kulit. Namun, banyak orang yang sering melupakan salah satu bagian dari nutrisi penting untuk tubuh ini.

     Menurut Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, SP.GK, saat tidur tubuh kita mengeluarkan banyak air dengan kata lain penguapan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang.

     Oleh karena itu kita sangat di sarankan untuk meminum segelas air putih setelah kita bangun di pagi hari, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Tetapi tidak hanya setelah bangun tidur Dr Samuel pun menyarankan agar melakukan hal yang sama sebelum tidur. Tidak usah berlebihan karena jika kita berlebihan justru bisa membebani kita karena memicu lebih sering pergi ke kamar kecil dan juga berefek buruk pada fungsi jantung dan ginjal.

    Mulai sekarang mulai lah jangan menyepelekan air putih karena kita membutuhkannya, jangan hanya meminum yang manis-manis dan pahit-pahit tetapi cobalah hidup sehat dengan memperhatikan kebutuhan akan tubuh kalian sendiri. Biasakan sebelum tidur menyiapkan segelas air putih di samping tempat tidur anda sehingga setelah anda bangun anda bisa langsung meminumnya dengan segera.
Selamat mencoba hidup sehat.... 



 
Reaksi: 

Salah satu keajaiban Al-Quran

     Al-Quran adalah kitab suci orang muslim yang paling diagungkan, karena di dalamnya adalah merupakan kalimat-kalimat Allah SWT yang di turunkan kepada nabi kita Nabi Muhammad. Semua di jelaskan di dalam Al-Quran ini, mengenai manusia, bumi, alam, tumbuhan, jin, syetan, bahkan sampai binatang kecil seperti "Semut" sekalipun di jelaskan didalamnya. Namun terkadang kitanya saja yang tidak sadar atau tidak mau mempelajari apa yang ada di dalam kitab suci ini, sehingga kita tidak tau bahkan sok-sok tau. Sesungguhnya semua jawaban ada di dalam Al-Quran ini kalau kita mau membaca dan memahami.



     Contoh kecilnya adalah mengenai binatang kecil ini yang bernama "Semut", Allah SWT telah menjelaskan di dalam kitab suci ini kalau binatang ini bisa berbicara, namun banyak orang yang tidak tau sampai beberapa peneliti melakukan riset terhadap binatang ini bagaimana semut ini bisa berbicara satu sama lainnya. Bahkan beberapa peneliti telah menghabiskan bertahun-tahun dalam melakukan kontrol terhadap serangga dan memonitoring frekuensi suara yang berasal darinya, namun mereka tidak mendapatkan kemampuan untuk mengkonfirmasi hal tersebut kecuali hanya mampu merekam suara yang dihasilkan oleh semut.

     Tujuannya adalah untuk melacak keberadaan semut yang berada pada tanaman pertanian namun mereka tidak menemukan cara yang lebih efisien untuk melacak suara semut tsb. Yang dihasilkan dari suara semut bervariasi dari satu semut ke semut lainnya, dan dari satu jenis semut dengan jenis yang lainnya serta dari satu posisi ke posisi lainnya. Paling tidak ada 12 ribu macam semut di dunia ini, dan jumlah semut di bawah tanah lebih banyak dari jumlah manusia berlipat ganda, dan oleh karena jumlah yang begitu besar itulah membuat bingun para peneliti bagaimana cara berinteraksi dengan suara-suara tersebut.

    Dari hasil penelitian ini telah menunjukan bahwa semut itu telah mengalahkan manusia dalam indera pendengaran dan ilmuwan menduga bahwa semut menggunakan antenna untuk transmisi dan menerima frekuensi suara. Dan semut menggunakan sinyal suara yang besar seperti perangkat penerima suara modern saat ini, namun dapat langsung hilang dan berubah oleh berbagai efek apapun dalam proses penyaringan atau pemurnian suara, untuk membedakan antara semut dengan yang lainnya.

     Namun dalam Al-Quran yang mulia telah membicaraakan hal ini  dan memberitahu kita bahwa semut dapat berbicara satu sama lain :

"Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut : Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari."

      Begitu besarnya Al-Quran di dalamnya telah dijelaskan apa yang belum kita tahu bahkan, ini adalah salah satu keajaiban yang ada di dalamnya yang baru kita sadari sebagai manusia bahwa semua kehidupan, alam semesta, syurga, neraka pun sudah di jelaskan di dalamnya. Subhanallah...Allah Maha Besar !!
 
Reaksi: 

Manfaat Berwudhu bagi Tubuh kita

     Bagi umat muslim, mungkin kita sudah tau apa itu wudhu. Wudhu adalah salah satu syarat wajib kita untuk bisa beribadah kepada Allah SWT. Tapi apakah kita tau manfaat dari berwudhu itu sendiri, karena kebanyakan orang hanya tau wudhu adalah membersihkan diri kita dari kotoran atau debu yang menempel dari tubuh kita.

"Sungguh ummat-Ku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhunya." (HR Bukhari dan Muslim).

     Sampai ada seorang doktor di London yang bernama Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim. Menyatakan setelah melalui eksperimen yang panjang, ternyata orang yang selalu berwudhu mayoritas hidung mereka lebih bersih, tidak terdapat mikroba.
  1. Rongga hidung bisa mengantarkan berbagai penyakit, dari hidung. Kuman masuk masuk ke tenggorokan dan terjadilah berbagai radang dan penyakit, apabila jika sampai masuk ke dalam aliran darah. Mungkin inilah hikmah kita disuruh memasukan air sebanyak tiga kali ke dalam hidung kemudian menyemburkannya setiap kali kita berwudhu.
  2. Berkumur-kumur dimaksudkan untuk menjaga kebersihan mulut dan kerongkongan dari peradangan dan pembusukan pada gusi. Berkumur menjaga gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel.
  3. Membasuh wajah dan kedua tangan sampai siku, serta kedua kaki memberi manfaat menghilangkan debu-debu dan berbagai bakteri. Dan sudah terbukti secara ilmiah penyakit tidak akan menyerang kulit manusia kecuali apabila kadar kebersihan kulitnya rendah.
     Dari segi rohani, wudhu menggugurkan 'daki-daki' yang menutupi pahala. Bersama air wudhu, dosa-dosa kita dibersihkan, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda : "Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya. Dan apabila dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia selesai wudhu dalam bersih dari dosa-dosa." (HR Muslim).

     Bahkan apakah kalian tau kalau kita berwudhu dahulu sebelum tidur maka malaikat selalu menemani tidur kita sampai kita terbangun. Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap 'Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci." (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

     Begitu besarnya allah mengajarkan kita berwudhu demi untuk kebagikan kita, sungguh Allah maha sayang dengan kita, sampai yang maha kuasa memperhatikan sampai sedetil itu untuk kita agar kita terhindar dari penyakit, namun sayang kita sajalah yang sering tidak memahami kasih sayang Allah kepada kita. Maka semoga dengan membaca tulisan ini kita tegakkan kembali berwudhu dalam keseharian kita. Jaga Wudhu kita....
sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/51a66928562acf155200000d/keajaiban--manfaat-wudhu/
 
Reaksi: 

Resensi Novel Perahu Kertas

      Perahu kertas...mungkin kalian yang sudah pada tau nama ini, yup ini adalah salah satu judul film indonesia yang di angkat dari sebuah novel dengan judul yang sama. Kali ini saya akan coba membuat resensi dari novel ini, bagi kalian yang belum pernah baca novel ini dan melihat filmnya silahkan dibaca...:)



Judul Buku : Perahu Kertas
Penulis : Dee (Dewi Lestari)
Penerbit : Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati
Tahun Terbit : 2012, Juli ; cetakan ke-15
Jumlah Halaman : 444 Halaman

       Cerita dari novel ini adalah sebuah kisah cinta sejati antar Kugy dan Keenan. Kugy adalah gadis yang cantik, pintar dan juga mungil, dia mempunyai hobby berkhayal. Yang dia sangat sukai adalah menulis sebuah dongeng, buat orang lain atau bagi teman-temannya sendiri hobby itu adalah hobby yang tidak lazim. Yang membuatnya tampak aneh adalah kegemarannya menulis surat kepada Dewa Neptunus. Surat itu dilipat menjadi perahu kertas dan dihanyutkan di sungai atau laut. Kugy sering mengatakan kalau dia adalah agen Neptunus.
     Sedangkan Keenan dikisahkan disini adalah seorang laki-laki yang cerdas, ramah, baik hati. Dia mempunyai kesukaan di bidang melukis tetapi hobby nya ini tidak mendapat restu dari sang ayah. Dia justru diarahkan oleh sang ayah ke bidang bisnis untuk penerus perusahaan. Mereka berdua menjalin persahabatan pada awalnya namun seiring waktu ternyata rasa cinta itu pun muncul namun mereka memilih untuk memendamnya satu sama lain.
          Hingga akhirnya pada hari ulang tahun Keenan, Kugy ingin memberikan sebuah kado kepada Keenan tetapi pada saat itu Keenan sedang dekat dengan seorang wanita. Kugy pun mulai renggang dengan sahabat-sahabatnya Noni dan Eko. Konflik mulai muncul disini, karena kesalahpahaman, persahabatan Noni dengan Kugy pun nyaris dikorbankan. Selain itu, ada saja hal-hal yang menghalangi perasaan Keenan dan Kugy. Keduanya harus terpisah beberapa waktu.
       "Ikuti jejak si agen Neptunus meraih kebahagiaan, Yakin dengan kata hati, Karena hanya bersama kamu, Segalanya terasa dekat, Segala sesuatunya ada, Segala sesuatunya benar. Dan Bumi hanyalah sebutir debu di bawah telapak kaki kita." begitulah potongan puisi Keenan di salah satu bagian Perahu Kertas.
          Mereka akhirnya terpisah selama beberapa waktu tapi, saya salut sama kedua orang yang ada dikisah ini, mereka Kugy dan Keenan berani untuk mempertahankan impian mereka. Beda halnya dengan kita yang apabila tertimpa musibah atau galau kita seakan lupa akan impian kita sebelumnya. Menurut saya inti dari novel ini adalah kejarlah impian kalian masing-masing sekuat tenaga jangan sampai menyerah sebelum kalian mendapatkannya. Ada pepetah yang bilang "Jika Hati, Fikiran dan Ucapan kalian selaras maka Alam pun akan mendukungmu." pepatah itu mungkin cocok untuk menggambarkan inti dari novel ini selain kisah cinta sejatinya. Dan jika kalian masih penasaran akan kisah seperti apa Ending dari kisah novel ini, silahkan baca novelnya atau bisa juga dengan menonton filmnya. Thanks...
 
Reaksi: 

Apakah Jantung anda sudah sehat ?

     Jantung adalah organ penting dalam tubuh kita, karena apabila kita mengalami kerusakan pada organ ini maka hidup kita tidak akan tenang. Sebab kalau menurut saya inti kehidupan manusia adalah di Jantung, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui apakah Jantung kita sehat atau tidak. Baru-baru ini beberapa peneliti dari Universitas of North Texas dan beberapa peneliti Jepang melakukan penelitian terhadap 526 partisipan antara umur 20 hingga 83 tahun. Semua partisipan mengikuti fleksibilitas tubuh sambil diukur tekanan darah, pembulu arteri dan aktifitas jantungnya.
     Hasilnya, dari penelitian tersebut ditemukan korelasi antara tubuh yang tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tidak fleksibel, terutama pada partisipan di atas umur 40 tahun. Mereka yang gagal dalam tes fleksibilitas tubuh dan gagal mencapai ujung jari kaki ternyata memiliki pembuluh darah yang kaku, dan artinya kemampuan jantung menjadi kurang baik, efisien dan risiko penyakit jantung pun meningkat.
     Jadi dari penelitian itu para peneliti menyimpulkan bahwa untuk mengecek jantung kita sehat atau tidak, sangatlah begitu mudah. "Jika anda bisa menyentuh jari kaki saat duduk lurus di lantai, Jantung anda berarti masih cukup baik. Tapi jika tidak bisa, mungkin anda perlu mendatangi kardiologi." ujar Dr. Yamamoto seorang peneliti Jepang seperti dikutip dari New York Times.
    Namun Yamamoto menyebutkan tidak selamanya otot kaku adalah pertanda penyakit jantung hanya mungkin jantungnya kurang fit dan sehat saja dari yang seharusnya.
      Jadi ayo mulai sekarang kita cek kondisi Jantung dengan cara : "Duduk di lantai dengan kaki lurus ke depan dan jari mengarah ke atas. Setelah itu cobalah menjangkau dan menyentuh ujung jari kaki dengan tangan . Jika anda cukup fleksibel untuk menyentuh jari kaki artinya jantung anda sehat dan fleksible juga." Selamat Mencoba...

 
Reaksi: