Membaca Efektif


 1.      Apa itu Membaca Efektif?
Membaca adalah sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa atau siapa saja yang mempunyai tugas mengumpulkan informasi dari bahan bacaan. Untuk dapat meningkatkan keterampilan ini, salah satu yang perlu diupayakan bersama adalah kecepatan membaca. Dalam membaca perlu diperhatikan semboyan da;am bahasa latin; Non multa sed multum, yang maknanya adalah hal terpenting dari membaca bukanlah jumlah buku yang telah dibaca, akan tetapi berapa banyak hasil yang diperoleh dari bacaan tadi.
            Tujuan membaca adalah untuk memperoleh banyak pemahaman dari bacaan. Tidak ada gunanya dapat membaca dengan cepat akan tetapi tidak dapat memahami isi bacaan dengan memadai. Sebaliknya, apabila kita dapat membaca dengan pemahaman penuh, namun kecepatan bacaan kita sangat lambat, dapat dikatakan bahwa kita membaca dengan tidak efisien.
            Oleh sebab itu, diperlukan keseimbangan yang baik antara kecepatan membaca dan pemahaman bacaan. Yang jelas, orang dengan kemampuan membaca cepat tidak berarti kemampuan memahaminya berkurang. Dengan latihan yang tekun dan terus menerus, kita akan mampu membaca cepat sekaligus memahami banyak. Apabila kita tidak lagi menanggapi kata demi kata dalam membaca, melainkan menanggapi kesatuan-kesatuan gagasan yang berarti, kecepatan membaca dan pemahaman bacaan kita akan meningkat. Dengan demikian, membaca efektif adalah bagaimana caranya kita agar bisa membaca dengan cepat dan memahami bacaan dengan baik.

2.      Mengapa Membaca Efektif itu Penting?
Kegunaan membaca cepat di antaranya memperkecil pekerjaan fisik dan menyelaraskan pemahaman, meningkatkan motifasi, meningkatkan keaktifan, memperbesar kesempatan, dan meningkatkan kepuasan.
            Membaca cepat diperlukan karena otak berpikir lebih cepat daripada kecepatan membaca, dan tidak diperlukan jika ingin mendengarkan kata-kata dalam benak kita, karena mata menerima informasi lebih cepat daripada telinga. Tujuan yang berbeda membutuhkan kecepatan membaca yang berbeda, dan membaca bukan untuk melihat setiap kata, tapi memahami makna materi.
            Praktikkan dan latihlah diri Anda dalam membaca gar Anda dapat membaca dengan efektif dan efisien tanpa meninggalkan pemahaman yang seharusnya dimiliki dari setiap bacaan.

3.      Bagaimana cara Membaca Efektif?
Untuk melihat bagaimana Anda membaca dan seberapa cepat bacaan Anda, dapat dilihat dalam membaca kalimat dibawah ini.

Mampu membaca cepat frase demi frase dan bukan kata demi kata diperoleh dengan tekun.
Bagaimana anda membaca kalimat di atas? Apakah anda membaca dengan cara seperti di bawah ini?

Mampu/ membaca / cepat / frase / demi / frase / dan / bukan / kata / demi / kata / diperoleh / dengan / tekun./

Kalau anda membaca dengan cara seperti di atas, berarti anda termasuk pembaca lambat. Jika anda membaca dengan cara seperti di bawah ini; maka anda termasuk pembaca rata-rata atau sedang.

Mampu membaca / dengan cepat / frase demi frase / dan bukan / kata demi kata / diperoleh / dengan tekun./

Sedangkan pembaca yang membaca seperti di bawah ini dianggap sebagai pembaca cepat.

Mampu membaca cepat / frase demi frase dan bukan kata demi kata / diperoleh dengan tekun./

            Secara teori, ada teknik-teknik membaca cepat yang banyak bisa dipelajari dan di praktikkan, yaitu scanning dan skimming. Secara umum, scanning diartikan sebagai membaca cepat untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam pikiran, tanpa harus membaca kata per kata dan mengabaikan kata-kata yang dianggap tidak relevan dengan pertanyaan. Cara seperti ini dilakukan orang seperti ketika membaca kamus untuk mencari kata tertentu, atau membaca buku telpon yang hanya membaca sekilas dengan cepat.
            Skimming mempunyai pengertian membaca dengan cepat untuk mendapatkan pengertian umum dari sebuah teks seperti mengetahui pengertian utama dalam suatu paragraph. Cara membaca skimming: membaca secepat mungkin, tidak bertele-tele, dan, selalu konsisten dengan apa yang mau dicari.

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Membaca Efektif ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Sabtu, 27 April 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Membaca Efektif
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar