Pengalaman buat Paspor di Imigrasi Depok

Pagi itu hari selasa, gw udah bangun pagi2 buta. Mata masih ngantuk muka masih kucel tapi gw paksain bangun soalnya pagi itu gw harus buru-buru ke kantor imigrasi untuk buat paspor. Karena kalau gw siangan dikit aja kesananya beuh...udah ngantrinya panjang bener, udah gitu di batesin lagi antriannya cuman sampe 100. Jadi kalo udah sampe 100 selebihnya disuruh pulang besok ngantri lagi, ngeselin kan..

Makanya pagi itu gw paksain bangun walaupun masih ngantuk berat, jam 5 udah bangun, sholat n mandi. Abis kelar semua baru berangkat deh sampe lupa sarapan gw. Gw berangkat bareng sodara sepupu gw yang cewe kebetulan dia juga mau buat paspor juga jadi ada temennya gw, gak ngantri sendirian hehe..

Bener sesuai tebakan gw, sampe kantor imigrasi jam 7 kurang, udah banyak yang ngatri. Busyet nich orang pada udah dateng dari jam berapa gw fikir, kantor imigrasi aja baru mulai operasional jam 8 ini masih sejam lagi tapi udah penuh gini. Ternyata gw selidiki emang bener disini mah harus ngantri dari pagi karena biasanya jam 11 antrian tuh udah sampe 100, jadi udah gak ada lagi no antrian makanya orang-orang pada pagi-pagi datengnya. Bahkan di daerah jakarta gw denger lebih parah lagi, no antrian di batesin sampe 75, tapi gw lupa imigrasi jakarta mana..

Untungnya semua berkas udah gw fotocopy dan gw siapin dari semalem jadi tinggal gw taro aja di map yang sebelumnya gw ambil dulu dari koperasi map sama formulirnya. Udah lengkap semuanya baru gw taruh deh berkas gw beserta map di tumpukan antrian. Tinggal nunggu di panggil deh nama gw sama petugasnnya.

Setelah lama menunggu akhirnya nama gw di panggil juga, gw kebagian antrian No.110. Eit..jangan kaget dulu gw kan daftar online jadi no antriannya di pisah sama yang manual, no antriannya juga dipisah kalau manual dari no. 1-100, nah kalo online di mulai dari 100-gak tau sampe brapa.

Jam menunjukan pukul 09.30 akhirnya No antrian gw di panggil, gw kasihin ke petugas yang jaga berkas-berkas gw tadi termasuk yang aslinya. Setelah di cek gak ada yang salah, Alhamdulillah..... gw di kasih form gitu untuk balik lagi ke kantor imigrasi besok untuk foto dan wawancara. Tapi gw bilang ke petugasnya kalau besok saya tidak bisa, dan ternyata boleh kalo tidak bisa datang besok asal jangan lewat dari sebulan setelah berkas masuk. Baguslah kalo gitu kata gw, jadi gw bisa pulang dengan tenang

Hari jum'at gw dateng lagi ke kantor imigrasi buat foto dan wawancara, seperti kemaren gw dateng pagi-pagi banget tapi tetep aja gw dapet No. antrian 314. No antrian foto dan wawancara di mulai dari no. 300-gak tau sampe berapa. Setelah nunggu 2 jam akhirnya gw di panggil juga untuk bayar, foto dan wawancara.

Udah kelar deh semuanya tinggal tunggu paspor jadi, gw di kasih tanda terima gitu untuk ambil paspornya jumat depannya dari jam 13.00-15.30. Akhirnya perjuangan gw selesai juga untuk gak ada halangan. Alhamdulillah ya allah.

Tips dari gw kalau kalian mau buat paspor di Imigrasi Depok :
1. Daftar online dahulu biar ngantrinya gak terlalu panjang nantinya di kantor imigrasi,
    http://www.imigrasi.go.id/ klik Layan Paspor Online.
2. Isi form yang disediakan, lalu upload dokumennya (KTP, KK, Akte kelahiran/Ijazah scan terlebih dahulu)
3. Setelah diisi dan lengkap cetak bukti uploadnya.
4. Datang ke kantor imigrasi yang telah dipilih pagi-pagi, biar gak ngantri kepanjangan. Walaupun kalau kita
     daftar online nantinya antrian di pisah tapi tetep aja lebih cepat selesai lebih baik kan..
5. Setelah sampai di kantor imigrasi segera ngantri di koperasi untuk ambil formulir dan map (gratis), jangan
     lupa beli materai juga
6. Masukan berkas-berkas asli dan juga fotocopy ke map tadi, jangan lupa print out bukti uploadnya juga.
    Kasih nama di depan map "Online" supaya nanti di pisah sama petugasnya. Taruh map di meja Customer
    Care. Note: jangan isi form dulu tapi tumpuk dulu mapnya biar dapet antrian pertama, form diisi terakhir
    gpp.
7. Untuk daftar online nanti akan di kasih no antrian dengan no awal 300, trus nanti akan di layani di loket 3
8. Pilihan passpor ada yang 24Hal dan 48Hal, kalau yang 24Hal itu biasanya untuk para TKI, nah kalau kita
    yang mau liburan atau tugas kantor biasanya yang 48Hal.
9. Foto dan wawancara tidak bisa hari itu juga tetapi akan di laksanakan besoknya untuk yang online, tetapi
     untuk yang manual biasanya 3 hari setelah berkas di terima oleh petugas baru bisa foto dan wawancara
10. Biaya pembuatan passpor Rp.255.000,-. Dibayarkan pada hari foto dan wawancara.
11. Pakai kemeja atau baju berkerah yang polos tidak bermotif di anjurkan tidak memakai baju putih karena
      background fotonya nanti putih.
12. Setelah selesai semua, paspor jadi 1 minggu setelah foto dan wawancara tsb.
13. Pasport bisa di ambil pada jam 13.00 s/d 15.30 di loket 4.
14. Selamat anda sudah mendapatkan paspor dan bisa ke luar negeri.

Terima kasih, semoga dapat membantu teman-teman yang ingin membuat paspor. Ternyata membuat paspor tidak susah seperti yang kita bayangkan. Sekian.

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengalaman buat Paspor di Imigrasi Depok ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Minggu, 10 Maret 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengalaman buat Paspor di Imigrasi Depok
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar