Arti penting Kepemimpinan dalam Berorganisasi (resume Kelompok 6)

     Ini dia kelompok terakhir yang maju presentasi di pelajaran softskill, kelompok ini ngebahas masalah Kepemimpinan dalam berorganisasi. Kalau bicara masalah pemimpin udah pasti kita beranggapan bahwa ia adalah orang yang berkuasa dan mempunyai wewenang, memang betul itulah salah satu ciri dari seorang pemimpin tapi jika pemimpin hanya mempunyai sifat itu saja maka pemimpin itu adalah salah satu pemimpin yang tidak baik untuk di contoh.
        Karena itu seorang Pemimpin haruslah  mempunyai sifat, yaitu : Bijaksana, adil, tegas, berwibawa, mau mendengar pendapat bawahannya dan jujur. Jika semua itu telah di miliki maka boleh dibilang bahwa dia adalah seorang pemimpin. Kelompok ini mengambil contoh masalah yaitu, tentang masalah Pelatih Timnas dengan para pemainnya, pada suatu waktu pelatih tersebut memaki para pemainnya di ruang ganti pemainnya pada waktu timnya itu dalam kekalahan, pelatih itu mengeluarkan kata-kata kasar yang kurang di setujui oleh para pemain sehingga, setelah pertandingan selesai terjadilah perselisihan beberapa pemain tidak mau lagi bermain jika pelatihnya masih orang itu. Ini adalah bukti nyata bahwa seorang pemimpin haruslah mempunyai sifat-sifat diatas. Ya walupun mungkin yang di katakan pelatih itu benar tapi mungkin caranya saja yang kurang tepat, karena mungkin pelatih tersebut dari luar indonesia jadi terbawa gaya melatihnya orang luar dan para pemain belum terbiasa dengan gaya melatihnya pelatih tsb.
         Jadi tidak lah mudah menjadi seorang pemimpin karena itu semua ada tanggung jawab yang besar di dalamnya, contoh lain yang paling sederhana ialah manusia, kita pada dasarnya adalah seorang pemimpin karena sesungguhnya setiap umat manusia yang ada di dunia adalah pemimpin untuk dirinya sendiri. Makanya kita harus bisa belajar menjadi pemimpin yang baik mulai dari sekarang, tidak usah yang jauh-jauh dulu jadilah pemimpin sejati bagi dirimu dulu baru jadi pemimpin bagi orang lain...
 
Reaksi: 

Perubahan dan Perkembangan Organisasi (resume Kelompok 5)

     Ini dia kelompok gw, paling bagus sih menurut gw secara gw moderatornya hahaha (pd.com). Kebetulan pas presentasi orangnya ada semua jadi komplit deh pake telor :), awalnya sih deg-degan gw soalnya gw kan orang yang pertama kali ngomong di kelompok gw. Jantung sudah cenat cenut rasanya maju di depan kelas di liatin semua anak-anak matanya semua tertuju ke gw, kalo gw salah ngomong aja pasti di ketawain waduh harus bener nich gw..
     Kelompok gw ini ngebahas perubahan dan perkembangan organisasi, dalam hal ini ada 2 faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan eksternal. 

Faktor Internal, yaitu :
1. Perubahan kebijakan pemimpin
2. Perubahan tujuan
3. Volume kegiatan bertambah banyak
4. Sikap dan perilaku dari para organisasi

Sedangkan Faktor Eksternalnya, yaitu :
1. Politik
2. Kebudayaan
3. Teknologi
4. Hukum

      Study kasus yang di angkat oleh kelompok kami adalah tentang Reshuflle Kabinet, rencana perubahan susunan kabinet dalam pemerintahan SBY belakangan ini sangat menyita perhatian berbagai lapisan Masyarakat, dari mulai partai politik, media hingga masyarakat itu sendiri. Karena perubahan ini sedikit banyaknya akan memberikan dampak pada mereka semua. Begitu study kasus ini di presentasikan ternyata banyak juga audience yang nanya, tapi kita udah siap dengan jawabannya karena kita semua udah menguasai materinya hehe (pd lagi ach :)). 
      Setelah menjawab semua pertanyaan akhirnya gw tutup presentasinya dengan menyakinkan dan semua audience tepuk tangan, wah seneng banget tuh gw pas itu plong hati gw rasanya..beban gw berkurang satu :) thanks for all friends and thanks to allah..
 
Reaksi: 

Komunikasi dalam Organisasi (resume Kelompok 4)

     Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam berorganisasi, karena jika komunikasi tidak berjalan dengan lancar maka urusan pekerjaan akan bertambah banyak, ada konflik, dsb. Komunikasi adalah ujung tombak dalam menjalankan sesuatu, namun komunikasi adalah yang paling baik adalah komunikasi yang face to face karena kita bisa melihat ekspresi langsung dari lawan bicara kita.
     Topik yang sedang hangat sekarang di masyarakat sesuai judul di atas adalah kasus perubahan nama Stadion Jakabaring menjadi Stadion SBY, namun karena komunikasi yang kurang berjalan lancar masyarkat di sekitar menolak penggantian nama tersebut.
      Begitu besar dampaknya apabila komunikasi itu tidak berjalan dengan baik, oleh karena itu kita dalam berorganisasi di haruskan berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.
 
Reaksi: 

Proses yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan dalam Organisasi (resume Kelompok 3)

   Melanjutkan resume yang kemaren sudah di buat namun kali ini adalah resume kelompok 3. Dalam berorganisasi pasti seorang pemimpin atau leader pernah mengalami situasi yang sulit untuk mengambil keputusan, karena apabila keputusan itu salah atau kurang tepat maka akan berdampak pada anggota atau perusahaannya sendiri, oleh karena itu dalam mengambil keputusan haruslah di lakukan dengan berhati-hati. Keputusan adalah hasil proses pemikiran atas beberapa alternatif yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah.
     Menurut kelompok ini dalam mengambil keputusan ada lima hal yang bisa mendasarinya, yaitu : Intuisi, Rasional, Fakta, Pengalaman, dan Wewenang. Oleh sebab itu seorang pemimpin haruslah menguasai dasar-dasar itu sebelum mengambil keputusan, namun dasar yang paling baik adalah berdasarkan Rasional & Fakta. Karena jika seorang pemimpin mengambil keputusan hanya berdasarkan pada wewenang semata makan hasilnya tidak akan baik buat perusahaan.
     Isu yang sedang hangat sekarang mengenai topik kelompok 3 ini adalah Reshuffle Kabinet. Masyarakat di buat was-was atas isu ini karena apabila presiden salah dalam mengambil keputusan atau mereshuffle menteri yang salah maka akan berdambak bagi masyarakat dan pemerintah sendiri. Oleh karena itu haruslah presiden membuat keputusan didasarkan atas ke-5 dasar tersebut.
 
Reaksi: 

Konflik dalam Organisasi (resume kelompok 2)

     Melanjutkan hasil resume yang tadi, saat ini kelompok 2 yang presentasi dan mengangkat pembahasan tentang "Konflik dalam Organisasi". Kalau kita bicara organisasi pasti saja ada konflik entah itu konflik secara anggota atau pun konflik dengan pihak luar.

      Menurut kelompok ini konflik bagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Konflik dilihat dari Fungsi.
2. Konflik dilihat dari pihak yang terlibat di dalamnya, namun menurtu Stoner dan Freemen konflik ini di bagi
    menjadi 6 macam, yaitu :
    - Konflik dalam diri individu.
    - Konflik antar individu
    - Konflik antar individu dan kelompok
    - Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama
    - Konflik antar organisasi
    - Konflik antar individu dalam organisasi yang berbeda

Hal-hal yang menyebabkan konflik biasanya karena : Komunikasi, Struktur dan Variabel Pribadi.
Kemudian kelompok ini pun menjelaskan Strategi penyelesaian konflik ada 5,yaitu :
1. Secara Integrating
2. Secara Obliging
3. Secara Dominating
4. Secara Avoiding
5. Secara Compromising

Itu adalah beberapa pembahasan yang di jelaskan oleh kelompok 2 kemaren, pembawaan dan penyampaian materinya pun cukup jelas kepada audience. Jadi bagus lah...
 
Reaksi: 

Organisasi dalam Masyarakat (resume kelompok 1)

     Kelompok ini adalah kelompok yang pertama presentasi di depan kelas dalam pelajaran Softskill, menurut gw cara membawakan dan menyampaikan isi materinya cukup bagus dan para anggota kelompoknya sangat menguasai bahan presentasi. Mereka menyampaikan pembahasan tentang "Organisasi dalam Masyarakat".

     Organisasi dalam masyarakat itu di perlukan karena kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial yakni berbaur dengan sesama. Contoh organisasi kemasyarakatan yang dengan ruang lingkup paling kecil adalah Karang Taruna. Jenis-jenis Organisasi adalah :
1. Formal dan Informal
    Organisasi Formal contohnya : perusahaan besar, badan-badan pemerintahan dan universitas.
    Organisasi Informal tidak memiliki struktur maupun keanggotaan yang jelas.
2. Profit dan Non-Profit
    Organisasi Profit contohnya : sekolah, rumah sakit,dll.
    Organisasi Non Profit contohnya : PMI dan organisasi di bidang keagamaan.

     Dalam pembahasan selanjutnya kelompok ini menyangkutkan studi kasus yaitu FPI (Front Pembela Islam) sebagai contoh Organisasi dalam Masyarakat. Setelah semua anggota selesai menjelaskan presentasinya barulah di buka sesi pertanyaan, dan mulai lah banyak audience yang menanyakan tentang FPI, tapi lama kelamaan berujung menyinggung tentang  SARA pertanyaannya jadi di ruangan tambah riuh karena antara satu orang dengan yang lainnya saling mempertahankan pendapatnya, namun beruntung dosen softskill  segera menengahi dan menyudahi kegaduhan ini. Dan presentasi pun selesai di bawakan dengan baik oleh kelompok ini.
 
Reaksi: 

dimana "Rasa Kemanusiaan" kita ???

     Baru aja gw liat video di Youtube, tentang seorang anak kecil berusia 2 tahun di China yang di lindas mobil sampai dua kali. Gila tragis banget ngeliatnya sampe merinding gw... Kesel juga sih ngeliatnya kenapa orang-orang disana gak ada yang mau nolong, gw itung-itung ada sekitar 10 orang lewat tapi gak ada satu pun yang mau nolong sama sekali baru orang ke-11 itu pun seorang ibu pemulung yang nolong anak itu, keterlaluan banget sumpah orang-orang yang lewat itu. Apakah di hati mereka udah gak ada rasa peri kemanusiaan sama sekali, apakah karena anak itu miskin jadi gak punya hak untuk di tolong !!! Hey...kita semua manusia sama derajatnya di mata tuhan, inget yang membedakan kita itu cuman ibadah dan amal kita.
     Walaupun ini terjadi di negara orang yaitu china tetep aja, gw yang ngeliat videonya aja kasihan apa lagi mereka yang disana yang lewat, ya ampun...apakah ini tanda-tanda kiamat Tuhan? Orang sekarang hanya memikirkan diri mereka sendiri tanpa memperdulikan orang di sekeliling mereka. Mereka anggap orang lain itu tidak sederajat dengan mereka, bahkan sampai jijik untuk memegangnya, tapi coba kalian fikir tanpa mereka kaliat tidak akan bisa jadi orang kaya, tanpa adanya yang miskin kalian bukanlah yang kaya. 
     Anak itu namanya Wang Yue, di sempat di bawa ke rumah sakit tetapi nyawanya tidak tertolong karena otaknya mengalami luka parah. Dia memang cuman seorang anak kecil tapi dia adalah pahlawan moral dunia bagi gw, kenapa ??? karena dia sudah menunjukan kepada dunia dengan nyawanya betapa sudah tidak adanya "Rasa Kemanusiaan" lagi di dalam diri setiap orang, apalagi orang sudah mempunyai Jabatan dia lupa dari mana mereka berasal. Semoga Peri Kecil itu mendapatkan kebahagiaan di Syurga mu ya Allah...Amin.

Bagi yang belum liat videonya, semoga bisa mempertebal rasa kemanusiaan kita terhadap semua orang :


 
Reaksi: